Sabtu, 05 Mei 2012

MELON MENJADI PRODUK UNGGULAN BLITAR SELATAN

          Buah melon selain rasa buahnya yang segar namun juga sangat baik bagi kesehatan, sehingga disukai oleh banyak orang.  Hal ini yang memicu petani di wilayah Kecamatan wates Kabupaten Blitar untuk menerjuni budidaya tanaman horti. Selain melon berbagai jenis tanaman horti lainnya seperti cabe, semangka, timun, pepaya dan masih banyak lagi yang sekarang ini mulai dikembangkan oleh petani di wilayah Kecamatan Wates.
          Menurut JEMONO ketua Gapoktan Kecamatan wates, pertanian di wilayah kerja gapoktan yang memiliki nama Gapoktan "KARYA MAKMUR" beberapa tahun terakhir mengalami peningkatan yang cukup signifikan dibandingkan tahun-tahun sebelumnya yang hanya mengandalkan tanaman polowijo. Dengan semakin baiknya kelembagaan petani yang terbentuk mulai kelompok di tingkat desa yang tergabung dalam wadah gapoktandes selanjutnya dari gapoktandes di tingkat desa digabung lagi menjadi gapoktan tingkat kecamatan dengan nama gapoktan "KARYA MAKMUR" semakin memudahkan tugas penyuluh dalam melakukan pembinaan terhadap petani.
           Saat ini sebagian besar kelompoktani sudah mulai aktif mengembangkan usaha budidaya pertanian dan melon menjadi salah satu komuditi yang banyak di minati.
Melon hasil produksi petani di wilayah wates ini memiliki rasa yang sangat enak dibanding dari daerah lain, sehingga banyak tengkulak yang memburu melon wates ini. Kalau kita menelusuri pegunungan sepanjang jalan arah pantai Jolosutro dan sekitarnya, kita akan melihat hamparan yang dulu hanya dipenuhi pepohonan sekarang sudah banyak kita lihat buah melon yang tumbuh sangat baik. Sangatlah pantas Melon dijadikan Produk Unggulan di Blitar Selatan.
           Informasi ini hanya sebagian kecil yang kami sajikan dan masih banyak informasi pertanian lainnya yang bisa dibaca melalui trisulanew.blogspot.com. Semoga menjadi motivasi buat kita semua....
MAJULAH PERTANIAN INDONESIA....

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar